Tersingkir dari Liga Champions, Pelatih Porto Tetap Puas

FC Porto harus menyudahi perjalanannya di Liga Champions usai disingkirkan kandidat juara Bayern Munich. Walau begitu, secara keseluruhan penampilan Porto disebut sang manajer Julen Lopetegui sudah oke.
Julen Lopetegui
Mengusung target lolos ke babak emapt besar setelah mengantongi kemenangan 3-1 dari leg pertama, Porto malahan tak berkutik di leg kedua yang dihelat di Allianz Arena, Rabu (22/4/2015) dinihari WIB.

Dalam 45 menit pertama, gawang mereka sudah kebobolan lima gol. Penjaga gawang Fabiano terpaksa memungut bola dari jalanya sebanyak lima kali oleh gol Thiago Alcantara, Jerome Boateng, Thomas Mueller, dan Robert Lewandowski (2 gol).

Tim tamu cuma bisa mencetak satu gol melalui Jackson Martinez sebelum Xabi Alonso menggenapkan kemenangan tuan rumah menjadi 6-1 lewat tendangan bebas. Mereka pun gagal ke semifinal.

Hasil tersebut tentu bukanlah kado perpisahan yang diinginkan Porto, ditambah lagi mereka tersingkir dengan skor sangat telak. Walau begitu, Lopetegui merasa puas dengan penampilan timnya di Liga Champions musim ini.

Sebelum kandas di markas Bayern, Porto belum pernah kalah di 11 laga sebelumnya termasuk partai playoff. Mereka membukukan 8 kemenangan dan tiga seri, mencetak 27 gol dan cuma kemasukan enam gol.

“Kami memberikan selamat untuk Bayern. Memang kami kecewa, namun keseluruhan tim ini tampil memukau di Liga Champions musim ini,” tutur Lopetegui di situs resmi UEFA.