Tersangka FIFA Akan Diekstradisi Ke AS

Figueredo pernah bermain untuk klub Uruguay, Huracan Buceo
Eugenio Figueredo lahir di Uruguay pada tahun 1932

Pemerintah Swiss mengatakan pihaknya telah menyetujui ekstradisi seorang pejabat sepak bola Uruguay yang dituduh menerima suap.

Eugenio Figueredo adalah salah satu dari tujuh pejabat badan sepak bola dunia FIFA yang ditangkap di Zurich pada tanggal 27 Mei lalu. Dia dituduh menerima suap bernilai jutaan dolar yang berkaitan dengan turnamen Copa America, demikian keterangan dari Kantor Federal Kehakiman Swiss. Dia memiliki 30 hari untuk mengajukan banding terhadap ekstradisi ke AS. Figueredo adalah mantan wakil presiden Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (Conmebol) dan merupakan wakil presiden FIFA.

Pernyataan dari pemerintah Swiss mengatakan ia dituduh atas:

  • Menerima suap dari sebuah perusahaan pemasaran olahraga Uruguay atas penjualan hak pemasaran untuk turnamen Copa America pada tahun 2015, 2016, 2019 dan 2023
  • Mendapatkan kewarganegaraan AS secara tidak sah dengan mengirimkan laporan medis palsu pada tahun 2005 dan 2006

Figueredo sebelumnya telah mengajukan banding untuk upaya ekstradisi tersebut.

Apa Yang Ada Di Surat Dakwaan FIFA?

Sejauh ini, hanya satu orang yang secara resmi ditahan – mantan Wakil Presiden FIFA, Jeffrey Webb, dari Kepulauan Cayman – yang telah setuju untuk diekstradisi dari Swiss. Pada sidang pada bulan Juni, Webb mengaku tidak bersalah menerima suap senilai jutaan dolar sehubungan dengan penjualan hak pemasaran. Ia ditempatkan di bawah tahanan rumah dengan uang jaminan sebesar $ 10 juta (£ 6.4 juta) oleh hakim New York.

Eugenio Figueredo lahir di Uruguay pada tahun 1932. Ia pernah bermain untuk klub Uruguay, Huracan Buceo dan menjabat sebagai presiden antara tahun 1971 dan 1972. Pada tahun 1997 ia diangkat sebagai Presiden Asosiasi Sepak Bola Uruguay.