Terlalu Banyak Mengeluh, Van Gaal Dicibir Legenda Belanda

Salah satu legenda hidup Belanda Johan Cruyff mengkritik pedas sikap Louis van Gaal yang terlalu banyak mengeluh soal ketatnya jadwal di Premier League. Pria yang juga pernah menukangi Ajax Amsterdam dan Barcelona menyarankan Van Gaal untuk memahami tradisi sepak bola di Inggris.
louis van gaal
Beberapa hari lalu, Van Gaal sempat mengeluh akan padatnya jadwal Premier League di saat Natal dan Tahun Baru. Eks manajer tim nasional Belanda itu merasa para pemainnya sangat kelelahan sehingga tak bisa bermain maksimal di lapangan.

Akan tetapi pernyataan Van Gaal itu dianggap terlalu ‘lebay’ oleh Cruyff. Dia justru tak mengerti dengan keinginan Van Gaal merubah jadwal yang selama ini sudah berlangsung tanpa terjadi masalah berarti.

“Ketatnya jadwal di Inggris adalah tradisi yang sudah lama terjadi dan akan tetap seperti itu sampai 100 tahun ke depan. Jadi anda tidak pantas untuk mengeluh,” kata Cruyff seperti dilansir ESPN.

“Lagipula pemain-pemain disana juga cukup banyak yang menikmati jadwal yang padat. Apalagi pemain yang masih mendapat bayaran pantas untuk tetap bekerja di hari libur.”

Legenda yang juga dikenal punya filosofi bermain tiki-taka ini juga mempertanyakan protes Van Gaal yang baru dilayangkan saat kompetisi sudah berlangsung separuh berjalan.

“Bila anda melatih sebuah tim sepakbola Inggris, maka anda harus mematuhi sistem yang telah berjalan dan terbukti sukses di sana yaitu dengan menggelar pertandingan saat musim libur,” kata Cruyff tegas.