Spanyol Membatalkan Kasus Pajak Terhadap Messi

Jorge Messi menghadapi ancaman 18 bulan penjara
Messi dan ayahnya membuat “pembayaran korektif” sukarela senilai 5 juta Euro

Jaksa di Spanyol telah membatalkan tuntutan penggelapan pajak terhadap bintang sepak bola Argentina dan Barcelona, Lionel Messi tapi terus mengejar kasus terhadap ayah sang bintang. Jika terbukti bersalah, Jorge Messi menghadapi ancaman 18 bulan penjara dan denda 2juta Euro. Messi dan ayahnya dituduh menipu pihak berwenang Spanyol senilai lebih dari 4 juta Euro (£ 3.1 juta Pounds atau 5 juta Dolar Amerika).

Jaksa menuduh bahwa Jorge menghindari pembayaran pajak atas penghasilan anaknya dengan menggunakan perusahaan asing di Belize dan Uruguay antara tahun 2007 hingga 2009. Pengacara Messi berpendapat bahwa sang pemain “tidak pernah mencurahkan satu menit pun dalam hidupnya untuk membaca, mempelajari atau menganalisis” kontrak, demikian surat kabar El Pais melaporkan.

Pengadilan tinggi di Barcelona memutuskan pada bulan Juni bahwa Messi tidak seharusnya diberikan kekebalan karena tidak tahu apa yang terjadi dengan keuangannya, yang sebagian besar dikelola oleh sang ayah. Tapi sang pemain, yang dianggap sebagai salah satu pemain sepak bola yang terbaik dalam sejarah, tidak akan lagi menghadapi tuduhan. 

Bintang Italia, Totti juga pernah memberikan pujian kepada Kapten timnas Argentina tersebut. Melalui Situs resminya, Totti menyebut bahwa Messi adalah sosok Bintang Sejati. “Menyenangkan rasanya bisa mengukur kemampuan kami menghadapi tim juara seperti Barcelona, tentu saja tidak lengkap rasanya jika saya tak menyebut tentang Sosok Lionel Messi, dia telah membuktikan diri lagi bukan Cuma sebagai seorang jawara yang tak tertandingi, namun juga sebagai pemain yang baik hati, dialah bintang sejati, sosok yang sangat baik” Ujar Totti melalui Situs resminya

Pendapatan tersebut berkaitan dengan hak citra Messi, termasuk kontrak dengan Banco Sabadell, Danone, Adidas, Pepsi-Cola, Procter and Gamble, dan Food Company Kuwait. Messi dan ayahnya membuat “pembayaran korektif” sukarela senilai 5 juta Euro, sama dengan nilai pajak yang belum dibayarkan ditambah bunga, pada bulan Agustus tahun 2013.