Meski Pensiun, Lippi Tetap Bisa Latih Timnas

marcello lippi 1

Pelatih Senior Marcelo Lippi telah resmi memutuskan untuk pensiun dari karirnya dalam dunia kepelatihan, usai mengakhiri musim 2014 bersama dengan Guangzhou Evergrande. Kini pria asal Italia berusia 69 tahun itu menjabat sebagai direktur teknik dalam klub negeri Cina tersebut.

Namun, ternyata Lippi tidak menutup sepenuhnya peluang untuk melatih lagi, jika ada tawaran dari klub lain, maka sudah jelas dia akan menolaknya, tapi jika ada tawaran untuk menangani tim Nasional, maka lain lagi ceritanya.

Ya, Lippi masih berminat untuk menangani Tim Nasional, dia juga mengaku sempat ditawarkan untuk melatih tim Nasional China.

“Pekerjaan untuk menangani Tim Nasional Cina sudah beberapa kali diajukan kepada saya, tapi saya sendiri menolaknya. Ketika kontrak saya berakhir dengan Guagzhou, saya masih bisa mempertimbangkan opsi untuk melatih Tim Nasional, saya masih belum merasa tua untuk tugas itu, namun untuk melatih klub, saya sudah tidak sanggup lagi” Demikian papar Lippi kepada media setempat.

Adapun Lippi sudah memutuskan untuk pensiun sejak beberapa hari yang lalu, usai berhasil mengantarkan Guangzhou meraih sejumlah trofi mentereng, seperti dua titel piala Super Cina, satu Piala Liga Champions Asia, dan Satu Piala China. Tempatnya digantikan oleh Fabio Cannavaro, mantan pemain asuhan Lippi ketika di Timnas Italia dan di Juventus.

Jika berbicara soal prestasi seorang Marcello Lippi di Level internasional, terbilang cukup apik, lihat saja ketika ia menukangi timnas Italia, pada tahun 2006 silam dia berhasil mempersembahkan trofi Piala Dunia. Bukan tidak mungkin dia menangani Tim Nasional lagi nantinya.