Lahm Tutup Pintu Kembali ke Timnas Jerman

philipp lahm

Banyak orang menyayangkan langkah Philipp Lahm yang gantung sepatu dari timnas Jerman karena dianggap terlalu cepat. Akan tetapi kapten Bayern Munchen itu merasa keputusannya sudah bulat yang tak bisa diganggu gugat.

Lahm memutuskan untuk pensiun dari karir internasional tak lama usai mengantarkan Der Panzer menjarai Piala Dunia 2014 di Brasil lalu. Saat itu Lahm masih berusia 30 tahun dan dia dinilai masih bisa melanjutkan kiprahnya di Piala Eropa dua tahun lagi.

Delama satu dekade memperkuat Die Mannschaft, Lahm mencatatkan 113 caps dengan sumbangan tiga gol. Ia juga sudah bermain di tiga turnamen Piala Eropa (2004, 2008, 2012) dan tiga Piala Dunia (2006, 2010, 2014).

Hilangnya Lahm di skuat Jerman cukup berdampak pada keseimbangan tim. Pasukan armada Joachim Loew secara mengejutkan terdampar ke posisi tiga klasemen Grup D Kualifikasi Piala Eropa 2016 di bawah Polandia dan Republik Irlandia.

“Mohon maaf saya harus mengecewakan Jerman,” ungkap Lahm kepada Bild yang dikutip Soccer Way. “Bagiku karir di timnas sudah berakhir. Saya akan membawa jersey Herman sebagai pendukung saat menonton mereka.”

“Saya sudah melewati 10 tahun yang fantastis bersama tim nasional, saya juga diberi jabatan kapten, saya sudah menjadi juara dunia dan ini adalah akhir ang luar biasa.”

“Tidak ada sama sekali dalam pikiran saya untuk tiba-tiba merubah keputusan dalam satu setengah tahun sebelum Piala Eropa. Ini adalah keputusan saya sejak tahun lalu dan saya menepatinya,” lanjut pemain yang dijuluki The Magic Dwarf itu.