Irlandia Utara vs Yunani

Irlandia Utara membutuhkan dua poin dari dua pertandingan untuk lolos
Jonny Evans dipastikan absen karena cedera hamstring

EURO 2016 kualifikasi Grup F
Tempat: Windsor Park, Belfast
Tanggal: Kamis, 8 Oktober
Kick-off: 19:45 WIB

Pemain bertahan Jonny Evans dipastikan akan absen pada pertandingan kualifikasi Euro 2016 yang menentukan bagi Irlandia Utara melawan Yunani karena cedera hamstring.

Tim asuhan Michael O’Neill, yang membutuhkan dua poin dari dua pertandingan untuk lolos, akan mencapai final di Perancis dengan kemenangan di Belfast pada hari Kamis ini. Pemain West Brom, Evans berjalan keluar dengan tertatih-tatih saat timnya kalah 2-0 dari Crystal Palace pada hari Sabtu. Pemain berusia 27 tahun itu bisa tampil di pertandingan kualifikasi tandan terakhir ke Finlandia pada hari Minggu. Dia akan tetap tinggal bersama dengan West Brom untuk perawatan dan akan bergabung dengan skuad Irlandia Utara pada hari Kamis.

“West Brom telah memberikan kerjasama yang sangat baik dalam hal itu,” kata O’Neill. “Kami merasa Kamis akan terlalu cepat, tetapi dia belum mengesampingkan kemungkinan untuk tampil pada hari Minggu, kami juga tidak dan tidak juga klubnya.” Tidak adanya Evans merupakan pukulan lebih lanjut untuk O’Neill, yang juga telah kehilangan tiga orang pemain kunci akibat suspensi.

Pemain depan Norwich, Kyle Lafferty, yang tujuh golnya telah membantu menempatkan Irlandia Utara di ambang turnamen musim panas mendatang, bek , erby Chris Baird dan bek kanan Fleetwood, Conor McLaughlin semuanya mendapat larangan tampil. Pemain Kilmarnock, Josh Magennis bisa tampil untuk pertama kalinya untuk negaranya sebagai pengganti Lafferty, dengan pemain Watford, Craig Cathcart dan pemain Manchester United, Paddy McNair kemungkinan akan tampil sejak awal pertandingan.

“Saya benar-benar percaya bahwa kami memiliki pemain untuk dapat bersaing dalam permainan ini,” kata O’Neill. “Jelas cederanya Jonny pada akhir pekan adalah pukulan bersar, tetapi satu hal yang saya perhatikan dalam tiga hari, mungkin lebih daripada di masa lalu, adalah bahwa tim ini sekarang lebih kuat daripada setiap sebelumnya.”

Irlandia Utara belum pernah lolos ke putaran final Kejuaraan Eropa dan belum pernah tampil dalam turnamen besar sejak Piala Dunia 1986. Namun, mereka memiliki keunggulan satu poin atas Rumania di kualifikasi Grup F dan akan lolos ke final terlepas dari hasil mereka sendiri jika Hungaria gagal mengalahkan Kepulauan Faroe dan Yunani.

Tim yang berada di dasar klasmen Yunani masih tanpa manajer permanen setelah kesepakatan untuk membawa manajer asal Jerman, Bernd Schuster gagal terwujud pekan lalu. Pelatih timnas U-21 akan Kostas Tsanas terus bertindak sebagai manajer sementara menyusul pemecatan manajer asal Uruguay, Sergio Markarian pada bulan Agustus. Yunani akan kehilangan bek Roma, Kostas Manolas akibat kartu merah, dan bek Bayer Leverkusen, Kyriakos Papadopoulos akibat cedera.