Iker Casillas Keluhkan Kurangnya Penghargaan Bagi Kiper

Kapten Sekaligus Kiper Utama Real Madrid, Iker Casillas kembali mengeluhkan kurangnya apresiasi dan kredit terhadap perjuangan seorang penjaga gawang di atas lapangan.
iker casillas
Seperti yang kita tahu, kekalahan Manuel Neuer dalam perebutan trofi FIFA Ballon d’Or 2014 pada Januari silam sudah cukup membuktikan bahwa penjaga gawang memang kurang mendapatkan perhatian dari publik pencinta sepakbola. Bahkan, sosok yang berposisi sebagai penjaga gawang dan meraih penghargaan pemain terbaik dunia hanya ada satu dalam sejarah sepakbola, dia adalah Lev Yashin, sang legenda berjuluk The Black Spider yang dulunya bermain bagi Timnas Uni Soviet.

Padahal, menurut Iker Casillas, seorang penjaga gawang memegang peranan vital atas kemenangan yang diraih sebuah tim. Namun, performa gemilang seorang kiper di sepanjang musim hanya membuat mereka masuk sebagai kandidat pemain terbaik dan tak pernah memenangkannya secara nyata.

“Kami tidak diperlukan layaknya pemain yang berposisi pada posisi lainnya. Untuk bisa dipertimbangkan sebagai tiga terbaik, atau empat bahkan lima, seorang penjaga gawang harus menjalani tahun yang spektakuler bersama tim nya dan memenangkan banyak titel juara, sedangkan pemain di posisi lain tidak perlu repot-repot melakukan hal yang demikian”

“Akan menjadi suatu hal yang bagus jika kiper juga mendapatkan kredit atas apa yang telah dia perjuangkan di atas lapangan” Keluh San Iker.

Adapun Casillas sendiri belum pernah masuk dalam kandidat tiga Besar Ballon d’Or meski musim lalu dia berperan besar atas raihan La Decima Real Madrid. Dan juga ikut membawa Spanyol meraih trofi Piala Dunia pada tahun 2010 silam.