3 Legenda Sepak Bola yang Jadi Pelatih Gagal

ryan giggs

Melihat sosok legenda sepak bola memainkan peran baru sebagai pelatih adalah sebuah hal yang lumrah terjadi saat ini. Banyak diantara mereka yang menuai sukses berkarir di bidang pelatih, seperti Pep Guardiola misalnya, kemudian ada Carlo Ancelotti, dan masih banyak lagi, tapi tidak jarang juga para legenda sepak bola itu kurang beruntung dalam karirnya sebagai manajer, seperti ke-3 orang dibawah ini misalnya.

1. Diego Maradona

Tak tersangkal lagi bahwa sosok Maradona yang terkenal dengan Gol tangan tuhannya adalah salah satu pemain terbaik yang pernah ada dalam dunia sepak bola. Dia sungguh fenomenal, sayangnya Maradona kurang beruntung ketika menjajaki karir sebagai pelatih sepak bola.

Puncak karirnya sebagai pelatih adalah ketika menangani Tim Nasional Argentina, kesulitan dalam membawa Les Albiceleste melaju ke putaran Final Piala Dunia 2010, dan hanya berhasil melangkah hingga babak perempat final saja tepatnya ketika ditekuk jerman 0-4. Maradona pulang ke Argentina dengan kabar pemecatan resmi.

2. Roy Keane

Dialah sosok pemain Irlandia yang melegenda selama masih berkarir sebagai pesepak bola. Membawa era kejayaan kepada Manchester United dan menjadi kapten bagi tim tersebut. Sayangnya, Keane tidak beruntung saat menjalani karir sebagai Pelatih Sepak Bola. Bahkan saat ini dia hanya menjabat sebagai Asisten Paul Lambert di Aston Villa.

3. Paul ‘Gazza’ Gascoigne

Inggris pernah memiliki seorang pemain dengan aksi Individual yang fantastis, pemain tersebut tidak bukan adalah Paul ‘Gazza’ Gascoigne. Sayang, pria yang akrab disapa dengan nama Gazza ini tak pernah bisa terlepas dari kebiasaan nya dengan Alkohol, karena itu juga dia harus dipecat dari karir sebagai pelatih klub kasta 6 Inggris, setelah menangani tim tersebut hanya dalam 39 hari saja.